Menu Bali #1 : Nasi Ayam Betutu



Liburan ke Bali di bulan Mei 2013 menginspirasi saya untuk menciptakan kreasi ayam betutu untuk salah satu menu nasi kotak A Food Experience. Kenangan makan ayam betutu di warung dekat tempat saya menginap membuat saya benar-benar ingin menduplikasi masakan khas Bali ini semirip mungkin. FYI, ketika di Bali, hampir setiap kali mencari makan, saya selalu beli nasi ayam betutu, karena saya jatuh cinta dengan taste masakan khas Bali yang satu ini karena kombinasi rempah-rempahnya yang lengkap dan nendang...hehehe... 

Rasa Ayam Betutu membuat saya jatuh cinta sekaligus terinspirasi

Sampai membawa Ayam Betutu untuk oleh-oleh, murah cuma Rp 50.000 seekor

Warungnya sederhana tapi laris manis pesanan kotakan Nasi Ayam Betutunya

Saya baju biru lagi makan, hehe...makan di warung tradisional adalah salah satu hal wajib kalo saya travelling
Akhirnya, sesampainya di Malang, saya browsing berbagai resep nasi ayam betutu komplit. Percobaan pertama masih gagal, sehingga saya mencari kerabat temen yang asli orang Bali dan berguru (sampe segitunya ya). Ya, dalam menciptakan rasa untuk menu A Food Experience, saya tidak main-main asal coba sekali dan rasanya enak lalu saya gunakan untuk menu AFEX. Saya ingin setiap menu yang saya duplikasi, harus sesuai dengan taste asli, apalagi ini masakan tradisional dari Indonesia, yang setiap daerahnya punya ciri khas masing-masing. Berguru dengan orang yang tahu kekhasan masakan tersebut bisa membuat saya lebih memahami rasa masakan tradisional suatu daerah.

Hasil dari berguru tersebut akhirnya saya terapkan dengan menggunakan teknik yang berbeda, dan hasilnya cukup memuaskan (meski sampai saat ini saya juga belum puas). Memuaskan disini dalam definisi customer bukan saya sendiri.

Sayangnya, di Malang, sangat sulit mendapatkan kangkung lombok apabila tidak memesan jauh hari. Jadi kepada customer sekalian yang ingin memesan menu ini, kami harap bisa memesan maksimal H-3 acara, karena saya ingin memberikan produk yang maksimal sesuai spesifikasi standar kami. Tapi jika memesan menu ini secara mendadak, kami nggak bisa menjanjikan plecing kangkung lombok yang berwarna hijau segar, karena  jika supply kangkung lombok tidak memungkinkan, kami akan mengganti dengan kangkung biasa yang kecenderungan kalau dimasak warnanya tidak hijau segar tapi agak hitam (meski rasanya tidak jauh beda, tapi kangkung lombok masih the best lah).

Hasil eksperimen dan berguru, Nasi Ayam Betutu Rp 16.000 (plus rempeyek)

Menu Nasi Bali ini bisa didapatkan mulai harga Rp 14.500/pax (murah kaaan???). Berikut ini kami berikan rincian menunya (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Menu Nasi Ayam Betutu

Mau menu yang berbeda untuk nasi kotak Anda? Bosan dengan menu yang itu-itu saja? Please don’t hesitate to contact us. Kami siap memberikan rekomendasi menu terbaik kami untuk customer tercinta...
Marketing A Food Experience :
Astri  (0857 909 24785)
Fatih  (0822 323 11220)
atau bisa request menu ke :
afoodexperience@yahoo.com

Terima Kasih
Salam Hangat
Astri
Founder

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • A Food Experience © 2012 | Designed by Designer Link, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes